Angry Birds -  Link Select

Sabtu, 13 April 2013

Bumi Perkemahan “Bedengan”

Bedengan
Bumi perkemahan yang disebut dengan “Bedengan” ini sangat cocok bagi anda yang gemar mengisi waktu luang di alam terbuka. Tempat ini belum banyak mengalami sentuhan pembangunan sehingga masih terkesan alami. Area perkemahan yang terletak di bawah pohon-pohon pinus yang lebat menjadikan perkemahan ini begitu hijau dan sejuk. Di tepi area perkemahan juga terdapat aliran sungai dengan air yang sangat jernih, menurut penduduk setempat aliran sungai ini berasal dari air terjun yang disebut dengan “Brues.” Air terjun inipun lokasinya sangat terpencil dan belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.
Bumi Perkemahan Bedengan berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Lokasinya yang berada di sebelah barat kota Malang, lebih kurang 25 kilometer dari pusat kota, menjadikan tempat ini kurang dikenal oleh masyarakat Kota Malang. Di samping lokasinya yang cukup jauh, publikasinya juga masih sangat kurang. Padahal, jika dikelola dengan baik, mungkin tempat ini bisa dimaksimalkan untuk menambah pendapatan bagi pemerintah kabupaten.

Suasana Bumi Perkemahan Bedengan
Untuk menuju ke lokasi, diperlukan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat kota. Dari Desa Selorejo, jalan menuju bumi perkemahan masih berjarak sekitar 3 kilometer. Setelah melewati jalan beraspal yang tidak terlalu mulus, jalan selanjutnya menuju lokasi adalah jalan makadam dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Jalan ini hanya mungkin dilalui dengan sepeda motor karena kondisinya yang sempit dan berbatu. Panjang jalan makadam ini kurang lebih 1,5 km.

Pos Pelaporan Kegiatan | Warung | Kamar Mandi & WC
Bumi perkemahan ini dikelola oleh Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo. Mulai dari pengelolaan lahan parkir, warung, perawatan area perkemahan, sampai petugas jaga malam dilaksanakan oleh penduduk desa setempat. Pada waktu tim pesonamalangraya berkunjung ke lokasi, para petugas ini cukup ramah saat kami ajak untuk ngobrol-ngobrol seputar Bumi Perkemahan “Bedengan.” Dari mereka, kami juga mendapat informasi lokasi dari air terjun “Brues”.
Bagi pengunjung yang ingin bermalam/ berkemah di tempat ini, hanya dikenakan biaya Rp 2500,- per malam. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola antara lain: kamar mandi, air bersih, parkir sepeda motor yang aman, dan warung yang siap melayani pesanan makanan dari pengunjung. Bumi perkemahan ini cukup ramai pengunjung terutama di hari Sabtu dan Minggu, dan juga di hari-hari libur.

Bedengan Dilihat dari Bukit di Seberang Sungai
Biasanya mereka yang berkemah atau mengadakan acara yang bernuansa alam bebas adalah pelajar dan mahasiswa. sementara bagi masyarakat umum biasanya hanya singgah beberapa jam untuk menikmati udara sejuk atau bermain-main di aliran sungai yang dingin dan jernih.

Sungai dengan Air yang Jernih dari Coban "Brues"
Memang untuk kedepannya, tempat ini harus dikembangkan secara serius agar benar-benar bisa menjadi obyek wisata yang layak bagi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar